Nymphaea atau Teratai atau Lili Air


Nymphaea /nɪmˈfiːə/ adalah genus tanaman air yang kuat dan lembut dalam keluarga Nymphaeaceae. Genus ini memiliki persebaran kosmopolitan. Banyak spesies dibudidayakan sebagai tanaman hias, dan banyak kultivar telah dikembangbiakkan. Beberapa taksa muncul sebagai spesies yang diperkenalkan di tempat mereka bukan merupakan tumbuhan asli, dan beberapa merupakan gulma.

Tanaman dari genus ini umumnya dikenal sebagai bunga lili air (water lilies) di Britania Raya atau teratai di Indonesia. Nama genus ini berasal dari bahasa Yunani νυμφαια, nymphaia dan bahasa Latin nymphaea, yang berarti "lili air" dan terinspirasi oleh nimfa dalam mitologi Yunani dan Latin, yakni salah satu jenis makhluk legendaris yang berwujud wanita dan diasosiasikan dengan lokasi atau tempat tertentu, yang identik dengan peri, atau bidadari yang tinggal di alam bebas.

Lili air atau teratai adalah tumbuhan herba air berimpang (rizom) yang hijau sepanjang tahun, kadang-kadang dengan stolon (geragih) juga. Daunnya tumbuh dari rimpang (rizom) pada tangkai daun yang panjang. Sebagian besar mengapung di permukaan air. Helai daun-daunnya memiliki tepi yang halus atau punggung bergerigi, dan mereka dapat membulat atau runcing. Bunga-bunga muncul dari air atau mengapung di permukaan, mekar pada siang hari atau pada malam hari.

Nymphaea nouchali atau lotus biru merupakan bunga nasional Bangladesh dan Sri Lanka.

Foto berasal dari karya pribadi Pierre Will

Related Posts:

Disqus Comments
© 2019—2020 Album Foto Bunga - Template Created by Goomsite - Published by FLYTemplate - Proudly powered by Blogger