Bunga Seroja atau Lotus


Seroja atau lotus, juga dikenal sebagai seroja (lotus) India, seroja (lotus) keramat, kacang India, kacang Mesir, atau hanya seroja (lotus), adalah bunga nasional India dan Vietnam. Seroja memiliki persebaran asli yang sangat luas, mulai dari India tengah dan utara (pada ketinggian hingga 1.400 m atau 4.600 kaki di Himalaya selatan), melalui Indocina utara dan Asia Timur, dengan lokasi terpencil di Laut Kaspia. Nama ilmiah lotus adalah Nelumbo nucifera.

Dalam bahasa sehari-hari, tumbuhan ini sering disebut lili air. Dalam lingkungan yang menguntungkan, benih-benih tumbuhan air yang hijau sepanjang tahun ini dapat tetap hidup selama bertahun-tahun, dengan perkecambahan seroja tertua yang tercatat berasal dari benih yang berusia 1.300 tahun yang diselamatkan dari danau yang kering di timur laut Tiongkok.

Seroja sering dibingungkan dengan lili air sejati dari genus Nymphaea, khususnya N. caerulea, "seroja biru". Bahkan, beberapa sistem yang lebih tua, seperti sistem Bentham & Hooker (yang banyak digunakan di anak benua India) menyebut seroja dengan sinonimnya yang lama, Nymphaea nelumbo.

Bunga seroja, beserta dengan bunga Mǔdān (Paeonia suffruticosa), bunga plum, seruni atau krisan, dan anggrek merupakan kandidat potensial sebagai bunga nasional Republik Rakyat Tiongkok.

Foto oleh Shin-改 - berkas Shin-改, pada Wikipedia - Ranah Publik

Related Posts:

Disqus Comments
© 2019—2020 Album Foto Bunga - Template Created by Goomsite - Published by FLYTemplate - Proudly powered by Blogger